Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Pemadam Kebakaran Tingkat I Tahun 2022

Dinas Pemadam Kebakaran kota surakarta melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan untuk para aparatur damkar yang baru bergabung dengan Dinas Pemadam Kebakaran kota surakarta pada tahun 2022, dalam pendidikan dan pelatihan tingkat 1 ini Dinas Pemadam kebakaran bekerja sama dengan stakeholder yaitu BASARNAS, PMI, KODIM 0735 Surakarta, dan Komunitas TSTJ berkaitan dengan tugas pemadaman kebakaran dan penyelamatan. Peserta Pendidikan dan pelatihan juga diberikan keterampilan dasar mengenai teknik pemadaman sederhana, penggunaan APAR, dan semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran oleh para petugas damkar yang sudah berpengalaman dalam hal tersebut. Pendidikan dan Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari yaitu dari tanggal 25 Juli 2022 sampai dengan 28 Juli 2022.
Pada hari pertama pendidikan dan pelatihan di awali dengan Apel Pembukaan & Pembekalan dilanjutkan Kuliah Umum Tentang Damkar, Perilaku Api, Proteksi Kebakaran Pada Bangunan Gedung / APAR, Pengantar Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung, selain teori para petugas diberikan materi praktek tentang Peralatan dan Fomasi Regu,
Praktek Penanaganan Hewan Liar dan Beracun kemudian ditutup dengan MFD ( Mental Fisik dan Disiplin) dan PBB.
Pada hari kedua peserta pelatihan diberi materi teori yaitu MFD ( Mental Fisik dan Disiplin ) / PBB, Keselamatan petugas, Medical Fisrt Responder ( MFR ) dilanjutkan Praktek Medical Fisrt Respoder ( MFR )
setelah ishoma dilanjutkan Praktek Pemadaman Tradisional, Praktek Pemadaman LPG dan Pemadaman Modern, Praktek gelar gulung selang dan ditutup dengan PBB.
Pada hari ketiga kegiatan difokuskan pada materi tali temali dan pelatihan Vertical rescue oleh BASARNAS serta PBB.
Pada hari Keempat diawali dengan MFD ( Mental Fisik dan Disiplin ) PBB, SCBA, Praktek Smoke Chamber,Praktek Formasi Regu Hydrant dan Unit Pemadam dan Praktek Fire Ground kemudian Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran Tingkat I tahun 2022. Peserta Pendidikan dan Pelatihan ini diharapkan mampu menguasai teknik dan praktek dalam melaksanakan tugas pemadaman kebakaran maupun evakuasi non kebakaran.